Selamat datang di berbagi ilmu,,Semoga bermanfaat.....



Wakil Bupati Serahkan Bantuan 2.250 bibit Pohon

 Dinas Inforkomtel Kebumen--- Kondisi alam dan topografi Kebumen yang sangat berpotensi sebagai daerah rawan bencana alam perlu disikapi dengan bijaksana. Termasuk dengan meningkatkan kesadaran akan pentingnaya pelestarian lingkungan dan penghijauan. Dan salah satunya dengan cara menanam pohon. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Bupati Kebumen Djuwarni,Amd, Pd dalam penyerahan bantuan bibit pohon kepada mahsiswa KKN STAINU Kebumen Angkatan XV Tahun 2011, di aula Kantor Kecamatan Sadang , pagi tadi( 29/3)

Dalam kesempatan tersebut  Perum Perhutani  dan  Dinas Pertanian dan Kehutananan Kabupaten Kebumen  Kebumen  memberikan bantuan sejumlah 2.250 bibit pohon, yang terdiri dari 1.500 bibit pohon trembesi dan 750 bibit jati.  Selain memiliki nilai perlindungan, tanaman tersebut juga memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Djuwarni,Amd,PD berpesan kepada masyarakat khususnya yang terhimpun dalam LMDH yang nantinya akan menerima bantuan bibit tersebut, agar  senantiasa  merawat dan memelihara tanaman tersebut, sehingga  nantinya bisa bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia. Dan yang tak kalah  untuk kita pahami bersama,  kegiatan menanam bibit pohon,  tidak harus selalu kita yang menikmati, tetapi merupakan investasi masa depan bagi anak cucu kita.

Upaya penanaman pohon ini sangat penting untuk kelestarian bumi yang sudah semakin menua. Diharapkan  kegiatan tersebut  bisa  memberikan kontribusi positif pada upaya-upaya untuk melestarikan dan menyelamatkan lingkungan hidup.apalgi bila melihat kondisi alam Kabupaten kebumen yang  sangat rentan terhadap bencana alam .

Data  Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Kebumen menunjukkan  sejumlah 135 desa di 17 kecamatan (29%) rawan longsor, 191 desa di 23 kecamatan (42%) rawan banjir, 82 desa di 16 kecamatan (18%) rawan kekeringan air bersih dan 48 desa di 7 kecamatan (10%) rawan bencana tsunami. Termasuk di sepanjang aliran Sungai Luk Ulo, merupakan daerah yang cukup tinggi tingkat erosinya. Untuk itu perlu  peningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan dan penghijauan. Salah satu langkah termudah  yang bisa kita lakukan adalah dengan penanaman pohon.

0 komentar:

Posting Komentar